Pengawasan Distribusi Obat dan Makanan di Kabupaten Mamberamo Raya oleh Balai Besar POM di Jayapura
23 November 2022 11:49
Berita Aktual

Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2017 dalam rangka meningkatkan efektivitas pengawasan pre- dan post-market, BBPOM di Jayapura sebagai Unit Pelayanan Teknis  melakukan Pengawasan Distribusi Obat serta Sarana Pelayanan Kefarmasian seperti pada Sarana Klinik, Puskesmas, Apotek, Toko Obat dan Sarana distribusi pangan yang berada di Kabupaten Mamberamo Raya pada tanggal 7 – 11 November 2022.

Badan POM selalu berkomitmen untuk senantiasa hadir ditengah masyarakat, termasuk di Kabupaten Mamberamo Raya. Nama "Mamberamo" konon berasal dari bahasa Dani, mambe yang berarti "besar" dan ramo yang berarti "air". Wilayah Mamberamo Raya yang sebagian besar dikelilingi sungai menjadikannya  kaya akan keanekaragaman hayati ini. 

Kegiatan rutin pengawasan Balai Besar POM tentunya selalu berkoordinasi dengan Pemerintah setempat sesuai dengan misi Badan POM yaitu Meningkatkan efektivitas pengawasan Obat dan Makanan  melalui sinergi daerah guna memberikan rasa aman bagi masyarakat khususnya dibidang obat dan makanan.

Menggunakan perahu kecil milik Dinas Kesehatan Mamberamo Raya. Petugas Balai Besar POM di Jayapura bersama pemerintah setempat melakukan perjalanan untuk melakukan pemeriksaan kesarana kefarmasian dan sarana distribusi pangan yang ada di Kabupaten Mamberamo Raya.

Kepada pelaku usaha dihimbau agar selalu memastikan produk yang akan dijual masih dalam kondisi baik, tidak rusak, tidak kedaluwarsa dan pastikan sudah terdaftar/memiliki izin edar. Demikian juga kepada konsumen diingatkan, agar menjadi konsumen cerdas selalu ingat CEK KLIK, yaitu cek kemasan, label, izin edar dan kedaluwarsa, sebelum membeli dan mengkomsumsi Obat dan Makanan