Rangkaian Peringatan HUT Badan POM RI Ke-10 Di BBPOM Di Manado
1 Februari 2011 09:00
Berita Aktual

Manado – Seperti halnya dengan Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia, Balai Besar POM di Manado turut memeriahkan peringatan HUT Badan POM RI ke-10 dengan serangkaian kegiatan. Rangkaian peringatan HUT Badan POM RI yang bertemakan “Dengan Gerakan Menuju Obat dan Pangan yang Aman, Kita Tingkatkan Kesehatan Masyarakat yang Berkeadilan” dimulai dari tanggal 21 Januari 2011 sampai dengan tanggal 31 Januari 2010 , yaitu 8 (delapan) jenis perlombaan yang terdiri dari lomba sepakbola putri, tenis meja, bulutangkis, balap karung, benang jarum, makan cabe dan gorengan, kebersihan dan kerapian serta cerdas cermat; senam pagi; kegiatan donor darah; upacara; kunjungan sosial serta ramah tamah bersama purnabakti BBPOM di Manado.

Tanpa mempengaruhi tugas – tugas sehari-hari seluruh jajaran BBPOM di Manado, rangkaian kegiatan tersebut berjalan seperti yang diharapkan. Sebagai juara umum pada kegiatan perlombaan diraih oleh Bidang Pengujian Terapetik dan Napza dengan menerima Piala Bergilir BBPOM di Manado dan uang tunai sebesar Rp.200.000,- (dua ratus ribu rupiah). Secara keseluruhan kegiatan perlombaan tersebut bermuatan meningkatan kekompakan, kebersamaan, tanggap dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas yang tentunya hal ini diperlukan pula dalam pelaksanaan tugas pengawasan Obat dan Makanan oleh seluruh jajaran di BBPOM di Manado.

Pada kegiatan donor darah, BBPOM di Manado bekerjasama dengan PMI Manado. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula BBPOM di Manado dengan sukarelawan donor darah dari personil yang ada di BBPOM di Manado. Terdapat 30 calon donor yang mendaftar, namun hanya 9 donor yang dapat diambil darahnya. Penyebab banyaknya calon donor yang tidak bisa diterima antara lain karena tekanan darah terlalu rendah atau terlalu tinggi, jeda setelah menstruasi yang terlalu dekat, berat badan yang kurang, jeda yang terlalu pendek dengan waktu donor terakhir, dan lain-lain.

Masih dalam rangka HUT Badan POM RI ke-10 dan juga dalam rangka melaksanakan Penanaman Satu Miliar Pohon Untuk Dunia sebagaimana himbauan dari Kementrian Kehutanan, BBPOM d Manado telah melaksanakan penanaman pohon sebanyak 20 bibit pohon di Pos POM Sofifi. Penanaman dilaksanakan oleh Deputi Bidang Pengawasan OT, Kosmetik dan Produk Komplemen Bapak Drs. Ruslan Aspan, MM; Direktur Inspeksi dan Sertifikasi Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen Bapak Drs. Sukiman Said Umar, Apt; Kepala BBPOM di Manado; Kepala Pos POM dan beberapa staf Balai Besar POM di Manado serta seluruh staf Pos POM Prov. Maluku Utara. Adapun bibit pohon yang ditanam pada kegiatan tersebut adalah pohon khas daerah, bermanfaat dan berkhasiat sebagai obat, yaitu pohon Pala, pohon Cengkeh dan pohon buah-buahan yang diantaranya adalah pohon Mangga dan pohon Rambutan.

Pada puncak acara peringatan HUT Badan POM RI pada tanggal 31 Januari 2011 dilaksanakan rangkaian acara pelaksanaan upacara yang dilanjutkan dengan ramah tamah dan penyerahan hadiah serta kunjungan sosial ke salah satu purnabakti (Dra. Veronica Toenroe, Apt) yang sedang sakit. Rangkaian puncak acara peringatan ini dipimpin oleh plh Kepala Balai Ibu Dra. Sarinah, Apt. Tanpa mengurangi makna pelaksanaan upacara peringatan HUT Badan POM RI ini, pelaksanaannya diadakan di dalam gedung BBPOM di Manado dikarenakan hujan.

“Dirgahayu Badan POM RI ke-10”